KESERUAN CJA #CreativeWorkshop 03 Agustus 2016




 MENUNTUT CITA –CITA DARI YOGYA KE SEMARANG  CITIZEN JURNALIS ACADEMI #CJASEMARANG
Bismillahirahmanirahiem..
Hallo  Netizen , perkenalkan namaku Azhfar Muhammad Robbani asal dari Tasikmalaya yang kini statusnya sebagai  mahasiswa aktif dari fakultas Agama Islam Program studi Komunikasi dan Penyiaran islam yang kini tengah duduk di bangku semester tiga universitas Muhammadiyah Yogyakarta aku dalam artikel singkat ini akan menuliskan keceriaanku ataupun cerita  suka maupun duka saat aku mengikuti Creative Workshop yang merupakan serangkaian kegiatan Citizen Jurnalis Akademi #EnergiMudaPertamina yang diselenggarakan oleh indosiar ,liputan 6 dan bekerja sama Pt.Pertamina di kawasan balai kota semarang pada tanggal 3 Agustus 2016 kemarin.
Berawal dari tekad kuat dan cita-citaku menjadi seorang reporter televisi dan seorang jurnalis saya memulai tekad untuk mengikuti akademi ini yang sangat saya butuhkan sangat apalagi dengan latar belakang kuliah ku yang kini mendalami ilmu penyiaran atau broadcasting saya sangat jatuh cinta untuk menekuni bidang ini,berawal dari postingan yang di posting di akun resmi instagram liputan 6 dan indosiar saya tertarik akan akademi itu yang di awali dengan sesi workshop creative yang mendedikasikan dunia broadcasting atau pertelevisian, aku pun tanpa fikir panjang aku langsung mencoba apply beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum terpilih menjadi orang yang digodok selama kurang lebih tiga bulan bersama coach handal yang sudah expert,pada awalnya saya kaget disana saya tidak menemukan opsi kota Yogyakarta kota yang diamana saat ini aku tempati sembari merantau menuntut ilmu ,namun lokasi bukan menjadi masalah bagiku kemanapun jika outputnya jelas dan membuatku semakin mendalami broadcast kemanapun akan kutempuh hingga singkat cerita aku memberanikan untuk pergi ke kota semarang dengan memulai mengirimkan email yang berisi curriculum vittae dan mengungkah foto terbaru hingga pada akhirnya aku mendapatkan dua balasan email untuk menghadiri acara workshop di balai kota semarang.
Singkat cerita aku pergi ke semarang dengan menggunakan angkutan bis dari Yogyakarta berbekal niat dan rasa percaya diri aku bisa lolos menjadi finalis citizen jurnalis akademi,setibanya aku di semarang aku tak tahu harus tinggal dimana aku berjalan menyelusi jalanan hingga tepatlah berdiri di depan restoran mc donals dan satu swalayan ,aku pun masuk dan sejenak merileks kan diri setelah perjalanan yang cukup lama dan aku sempat berfikir untuk tidur di MCD dengan open gate yang 24 jam nya aku terbesit untuk bermalam disana namun aku pun ingin melanglangbuana dan sedikit mengeksplorasi berbagai tempat .
Hingga pada sehari sebelum workshop itu dimulai aku bermalam di mesjid agung Jawa Tengah ,mesjid yang terkenal dengan bangunan serambi madinah nya dengan bangunan yang menarik daya ikat pengunjung hingga matahari pun terbit aku harus bergegas rapih untuk menuju kantor walikota kota Semarang tepatnya di Jln.Pemuda Sekayu Jateng akhirnya tepat pukul 08.00 WIB saya tiba dikawasan balaikota dengan mennumpangi kendaraan ojek online dengan penuh semangat dan harapan aku berlari menuju tempat worksop itu berlangsung ,masih pagi sih memang di undangan yang masuk ke emailku ada dua versi ,undanagan yng pertama tepat jam 8 pagi creative  workshop akan di mulai dan di undangan kedua tepat pukul 12.00 mulai open gate untuk registrasi peserta  singkat cerita aku sudah berada di depan pintu masuk acara itu akan berlangsung  suasana yang masih sepi panitia pun masih mengusung barang barang dan sedang menghias dekorasi photo booth yang ada di depan pintu masuk sebelah kanan meja registasi .

Aku pun sejenak duduk dan beristirahat sambil memainkan smartphone ku higga tak lama kemudian ada dua orang perempuan menghampiriku dan menyapa dengan larut dalam obrolan kita adalah sama sama peserta audisi dalam Citizen Jurnalist akademi kita mulai begitu akrab saling berkomunikasi seakan sudah kenal beberapa lama namun rasa boring melanda karna acara masih lama sebenarnya dimulai ,aku pun berinisiatif untuk berjalan jaln seputaran balaikota hingga petunjuk arah menunjukan ada wisata yang bersejarah bangunan yang dibangun dari beberapa tahun silam lamanya siapa yang tak kenal lawang sewu akhirnya aku masuk dan ingin mengetahui apa yang ada dalam bangunan itu,setelah sekian lama jalan –jalan sekitan lawang sewu aku pun mulai bosan dan menghendaki untuk kemballi ke gedung walikota sembari mencari makanan untuk sarapan .
Setelah itu aku kembali dengan senyuman dan semangat rasa percaya diri aku mengenakan kemeja yang rapih sepatu yang bersih jas blazzer yang ku kenakan dengan rapih modal utama saat interview aku pun masih  duduk bertiga hingga keseruanku mengikuti workshop ini nampak ketika sudah banyak peserta yang  ingin meregistrasi ulang ,dan mobil keren pun berhenti didepan carpet yang menuju ke ruangan creative work shop banyak orang yang terpana dan mengalihkan perhatiannya ternyata turun dari mobil itu coach –coach keren dengan jaket seragam biru dongkernya bermotif garis merah di lengannya  yang nanti nya akan mengisi seminar creative work shop ini di sesi yang pertama  beliau adalah para reporter kece yang sudah lama berkecimpung di televisi indosiar dan sctv yang ahli dalam bidang nya ada reporter ,videografi,public relations,dan menulis  beliau adalah Ryan widaryanto,Dani Maulana ,Nurul Cinta,Zulfikar Naghi,Utrich Farzah ,Jemmy darusman,dan Angga Utomo.
Jujur mereka semua adalah panutanku aku ingin bercita cita seperti mereka ,hingga banyak peserta yang histeris dan menyapa singkat para coach yang handal itu alunan musik yang khas dari kegiatan citizen journalist ini mulai dibunyikan sound sytem pun dengan kerasnya mengumandang energi dan gairah dipancarkan dari setiap musiknya instrumen yang akan menjadi misteri dan menegangkan hingga aku menyempatkan waktu dengan sedikit menyelinap untuk mencari tempat berfoto bersama idolaku memang tk semu sempat dan mau berfoto setidaknya aku sempat lama berbicara dengn nurul cinta sang reporter dan news anchor  dari patroli indosiar dan sedikit curhat hingga aku meminta doa kepadanya untuk segera menyusul menjadi seorang reporter seperti beliau dan aku mengambil beberapa foto selfie bersama beliau dan aku pun menyapa ka Jemmy yang tengah melintas dan meminta berfoto bersamanya walau tak lama beliau sangat santun dan baik dan murah senyum walaupun gaya nya tidak bgus untuk di upload hehehe.
Hingga meja registrasipun mulai dibuka aku dengan gerak cepatku untuk menganti di brisan awal paling depan   dan mengambil kupon dan antri masuk ruangan paling awal.hingga aku mendapat kupon dan tiket masuk ruangan yang pengawasan nya cukup ketat aku pun bergegas untuk duduk di paling depan panggunng what amazing gak nyangka banget bisa ngikutin acara sekeren ini dari ribun peserta yang apply cv hanya segelintir orang yang keterimaa dan masuk ketahap selanjutnya keseruan disetiap sesinya aku rasakan saat pagelaran seni di buka dengan tarian sentrik dalam grand opening acara hingga MC kece  yang membawa acara ini mmasuki ruangan hingga menghipnotis aku dan mungkin seluruh peserta menjadi seksama dan ramai. tidak hanya peserta CJA yang hadir disana banyak anak SMA yang semarak mengikuti workshop creative  ini .
Sesi pertama pun berlangsung dengan tema Journalist dan media class yang disampaikan secara bergantian dari seluruh coach hingga banyak sekali cerita –cerita inspiratif dan motivasi semakin mencintai dunia broadcast bagiku aku mendapat banyak poin dan ilmu dari mereka dari konten kreatif yang harus disisipkan,bagaimana kita bisa memikat hati narasumber yang mau diwawancara ,wawancara door stop,aksen yang harus diperhatikan,pubic speaking yang  bisa menginfluence audiences ,bagaimana layaknya seorang reporter harus bisa mengolah teknik berbicara walau logat yang sudah khas dari daerahnya dan masih banyak lagi pointnya,hingga dalam oleh seorang news anchor keren ka jemmy aku ditanya bagaimana korelasi antara reporter mewawancarai dengan public speaking dengan penuh percaya diri aku berdiri menjawab singkat hehe tapi alhamdulillah aku dapat bingkisan woodie bag dri CJA.
Sesi demi sesipun berlansung dengan seru tak ada keboringan disetiap sesinya karena setiap moment nya saya bisa mengikuti dan memperhatikan setiap materi yang disampaikan oleh pada pemateri mulai dari komunikasi tolong menolong yang diajarkan oleh ceo founder kitabisa.com  atau pun pt pertaminda yang menjelaskan bergai fungsi dan lahan  sumber daya alam pada zaman sekarang .Pertanyaan atau quiz seta diskusi interaktif antar peserta work shop dan MC atau pun pemateri disanalah serunya sebuah komunikasi dua arah yang dapat menimbulkan timbal balik aku pun mencoba menjawab quiz yang dilontarkan oleh pembawa acara dan dengan singkat serta gerak cepat aku langsung naik ke atas panggun dan menjawab dengan tepat pertanyaan tersebut dan dengan bahagia dan wajah sembringah aku tersenyum menerima bingkisan uang tunai dan tas sponsor pt.Pertamina dan aku pun kembali ke tempat duduk awal .

Hingga waktu pun tak terasa sudah terlihat senja rangkaian acarapun kini sudah terselenggara tinggal pengumuman sesi akhir kepada semi finalis yang lolos ke tahap berikutnya ketahap interview pastinya  diesok hari dan sangat aku nanti nanti semoga akupun lolos setelah seleksi CV ku dan aku berdoa dalam hati akan tetapi nama demi nama pun  sudah banyak tersebut hingga tak ada harapan karena setiap  sesi namaku tak tersebut aku pun sedikit kecewa pulang dengan tangan hampa L namun setidaknya ada ilmu sedikit yang berkaitan dengan ilmu jurnalis dan broadcast aku pun harus mengikhlaskan karena aku yakin mimpiku anganku tak akan berhenti disini masih ada kesempatan lain karena allah selalu tahu yang terbaik untuk hambanya ,pena ini tak akan berhenti ,perjalanan ini takan hanya sampai semarang akan ku kelilingi dunia jika aku harus belajar menjadi seorang reporter dengan jam terbang yang mengudara di blantika televisi,Keep fighting and work hard being journalist thats all from me inilah keseruanku saat mengikuti creative Workshop CJA di Semarang,Semoga beruntung ! J .


Komentar

Postingan Populer